Cara Memasang Relay Klakson yang Benar - FM Hansen

Tips cara memasang relay klakson motor dan mobil yang benar agar hasil memuaskan.

Sunday, January 8, 2017

Cara Pasang Relay Klakson Mobil Untuk Suara yang Lebih Nyaring

Cara Pasang Relay Klakson Mobil - Bagi anda yang memiliki permasalahan bunyi klakson mobil, anda dapat mengatasinya dengan memasang relay. Penggunaan klakson dengan relay ini pada prinsipnya jauh lebih menguntungkan daripada rangkaian klakson yang tidak menggunakan relay. Terlebih lagi unit relay hanya membutuhkan arus listrik yang kecil. Nah, apabila anda ingin memasang relay pada klakson mobil anda, berikut penjelasan mengenai cara pasang relay klakson mobil.

Fungsi relay klakson mobil


Pada dasarnya relay bekerja sebagai saklar otomatis yang menghubungkan aki dengan klakson. Fungsi relay klakson mobil yang utama adalah untuk menjaga agar arus listrik yang mengalir ke klakson tetap stabil dan tidak cepat merusak saklar klakson tersebut. Dengan kata lain relay dapat membuat bunyi klakson tetap nyaring namun arus listrik yang mengalir pun tetap stabil. Selain itu relay pada klakson mobil juga dapat berfungsi agar horn pad atau switch klakson awet yang mana hanya dilewati arus listrik kecil untuk menggerakkan kontak relay.

Persiapan


Untuk memasang relay klakson mobil ini anda harus menyiapkan beberapa peralatan. Peralatan tersebut adalah relay 4 kaki, unit klakson sesuai selera, kabel secukupnya, sekering, terminal klakson, terminal aki, kabel tis, dan selotip hitam. Anda juga dapat menyiapkan peralatan pendukung lainnya seperti tang dan gunting. Selain itu anda juga dapat menyiapkan solder dan timah untuk memperkuat sambungan terminal dan kabel. 

Cara Pasang Relay Klakson Mobil


Cara pasang relay klakson mobil ini sebetulnya cukup rumit. Oleh sebab itu anda harus teliti dan jeli agar tidak salah dalam memasangnya. Langkah pertama adalah melepas klakson standar dari kabelnya. Namun jangan membuang kabelnya karena kabel tersebut tetap akan digunakan kembali untuk dihubungkan ke terminal relay. Nah, selanjutnya hubungkan kabel dari klakson tadi ke terminal 85 dan 86. Pada tahap ini anda dapat mengetes apakah pemasangan relay sejauh ini sudah benar apa belum. Caranya cukup menggeser kunci kontak menjadi On lalu tekanlah klakson anda. Perhatikan relay anda, apabila terdengar suara “klik” setiap tombol klakson ditekan, maka itu tandanya pemasangan kabel relay sudah tepat dan relay tersebut layak pakai. Langkah berikutnya adalah hubungkan terminal 30 ke kaki pertama pada klakson. Untuk kaki lainnya pada klakson dihubungkan ke jalur negatif aki. Selanjutnya hubungkan terminal 87 ke jalur positif aki. Pada tahap ini anda juga dapat mengetes apakah klakson telah berbunyi dengan baik. Jika belum, berarti terdapat kesalahan sewaktu menghubungkan terminal relay tersebut.

Tips


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa anda membutuhkan kabel untuk memasang relay klakson ini. Gunakanlah kabel yang berukuran dan berdiameter sedang. Jangan sampai kabel tersebut lebih kecil dari kabel motor yang ada di balik batok lampu. Apabila anda ingin memasang klakson lebih dari satu unit, maka unit klakson tambahan tersebut dapat dihubungkan secara paralel dengan klakson pertama. Namun perlu anda perhatikan jika terdapat banyak klakson yang terhubung, maka anda akan membutuhkan aki yang banyak pula untuk memberikan sumber listrik. Selanjutnya untuk mencegah konslet atau arus pendek, sebaiknya anda memasang sekering terlebih dahulu. Sekering ini wajib dipasangkan pada jalur positif aki dengan dengan terminal yang terhubung pada terminal postifi aki. Sediakanlah beberapa sekering misalnya yang bernilai 1 ampere, 2 ampere, dan seterusnya. Hal ini dikarenakan setiap klakson membutuhkan arus listrik yang berbeda-beda. 

Jadi itulah penjelasan seputar Cara Pasang Relay Klakson Mobil. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 
Back To Top