Cara Memasang Relay Klakson yang Benar - FM Hansen

Tips cara memasang relay klakson motor dan mobil yang benar agar hasil memuaskan.

Sunday, January 8, 2017

Cara Pasang Relay Klakson 5 Kaki pada Motor agar Suaranya Lebih Kencang

Cara Pasang Relay Klakson 5 Kaki- Setiap kendaraan pasti memiliki klakson yang tentunya memiliki peran penting jika anda berkendaraan di jalan. Namun ternyata banyak kendaraan seperti motor yang memiliki klakson dengan suara yang tidak kencang. Jika anda mengalaminya, anda tidak perlu khawatir karena anda dapat memasang sendiri relay klakson motor tersebut. Salah satu caranya adalah menggunakan relay 5 kaki. Nah, berikut cara pasang relay klakson 5 kaki pada motor.

Pengertian dan fungsi relay

 

Relay merupakan saklar atau switch yang dioperasikan secara listrik. Terdapat 2 bagian utama dari relay yaitu elektromagnetik (coil) dan mekanikal atau seperangkat kontak saklar. Relay sendiri menggunakan prinsip elektromagnetik dalam menggerakkan kontak saklar. Hal tersebut membuat relay dapat menghantarkan listrik yang bertegangan lebih tinggi dengan arus listrik yang kecil.  Dengan kata lain relay memungkinkan penggunaan arus kecil untuk mengontrol arus yang lebih besar guna mengurangi beban kerja baterai atau aki pada kendaraan. 

Prinsip kerja relay

 

Relay terdiri dari 4 komponen dasar yaitu elektromagnetik (coil), armature, switch contact point (saklar), dan spring. Pada relay terdapat sebuat besi atau iron core yang dililit oleh sebuah kumparan coil. Fungsinya adalah untuk mengendalikan besi tersebut. Jika kumparan coil diberikan arus listrik maka gaya elektromagnetik akan timbul dan kemudian menarik armature untuk berpindah dari posisi sebelumnya yaitu NC (Normally Close) ke posisi baru yaitu NO (Normally Open). Hal tersebutlah yang membuat saklar dapat menghantarkan arus listrik pada posisi NO. Posisi sebelumnya yaitu dimana armature berada pada posisi NC akan menjadi Open atau tidak terhubung lagi. Pada saat tidak dialiri arus listrik maka armature akan kembali lagi ke posisi awal yaitu NC. Perlu anda ketahui bahwa coil yang digunakan pada relay untuk menarik contact point ke posisi Close biasanya hanya membutuhkan arus listrik yang relatif kecil.

Cara pasang relay klakson 5 kaki

 

Terdapat beberapa jenis relay, salah satunya relay 5 kaki. Relay normal biasanya hanya memiliki 4 pin atau terminal yaitu 30, 85, 86, dan 87. Namun pada relay kaki 5 ini terdapat terminal 87a yang berada di tengah. Oleh sebab itu relay kaki 5 sering juga disebut sebagai Relay 87a. Biasanya terminal 87a ini merupakan kebalikan dari terminal 87. Cara pasang relay klakson 5 kaki pada motor pertama-tama adalah menyiapkan relay 5 kaki, socket relay, dan kabel tebal berdiameter 5 mm. Proses pertama pemasangan adalah hubungkan terminal 30 menuju positif aki. Dalam hal ini anda harus mengunakan kabel yang tebal dan juga langsung dari aki. Selanjutnya hubungkan terminal 87 menuju postif klakson. Lalu kemudian hubungkan terminal 85 menuju salah satu kabel klakson asli dan hubungkan terminal 86 menuju kabel klakson lainnya. Untuk terminal 87a sama seperti terminal 87 pada relay 4 kaki yaitu hubungkan satu kabel menuju positif klakson di kiri dan satunya lagi menuju positif klakson kanan. Langkah terakhir adalah hubungkan kabel negatif klakson ke bodi motor (negatif/ground). 

Tips

 

Biasanya terdapat perbedaan lokasi kaki relay pada beberapa merek relay. Oleh sebab itu anda harus memeperhatikan betul nomor terminal sebelum memasangnya. Selain itu siapkan pula peralatan pendukung seperti tang, gunting, dan selotip. Anda juga dapat menyiapkan solder dan timah untuk memperkuat sambungan terminal dan kabel.

 
Back To Top