Cara Memasang Relay Klakson yang Benar - FM Hansen

Tips cara memasang relay klakson motor dan mobil yang benar agar hasil memuaskan.

Sunday, January 8, 2017

Cara Memasang Relay Lampu Motor dengan Tepat Agar Lebih Terang

Cara Memasang Relay Lampu Motor- Lampu pada motor tentunya merupakan salah satu bagian penting dalam motor. Komponen yang menyebabkan lampu motor bisa menyala adalah relay lampu. Nah, bagi anda yang memiliki motor anda bisa memasang sendiri relay lampu motor tersebut. Penasaran? Berikut pembahasan seputar cara memasang relay lampu motor agar lampu motor lebih terang. 

Fungsi relay 

 

Relay lampu pada motor memiliki fungsi sebagai saklar elektrik yang menghubungkan lampu langsung kepada aki motor. Hal ini yang kemudian menyebabkan lampu motor bisa lebih stabil, menyala lebih terang serta lebih awet. Untuk tegangan yang melalui saklar holder lampu hanya berfungsi untuk mengatifkan relay saja. Fungsi relay dapat mengganti saklar holder lampu dengan saklar kekuatan ampere yang lebih besar yaitu biasanya sebesar 20 ampere. Selain itu tegangan yang dimainkan oleh saklar relay bukan tegangan yang terdapat pada jalur kabel bodi positif motor, melainkan langsung dari tegangan positif aki.

Cara kerja

 

Sebelum memasuki pembahasan cara kerja, anda harus mengetahui terlebih dahulu kode angka yang ada pada relay serta arah instalasi kabel. Terdapat 4 kode angka yaitu Kode 30, Kode 86, Kode 85, dan Kode 87. Kode 30 adalah terminal kabel arus utama dari baterai atau aki. Untuk keamanan pada instalasi kabel maka anda dapat menambahkan fuse atau sekring. Selanjutnya kode 86 merupakan terminal kabel dari saklar yang bernilai positif. Lalu terdapat Kode 85 yang merupakan terminal kabel massa atau ground yang bernilai negatif dan yang terakhir kode 87 merupakan terminal kabel beban yang bernilai positif. Cara kerja dari relay lampu motor adalah ketika sebuah arus mengalir ke 85 dan 87 yang kemudian terhubung dengan ground (-). Akibatnya adalah akan timbul sifat kemagnetan pada elektro magnet. Kemagnetan tersebut akan menarik contac point pada terminal 87 yang mana akan menyebabkan terminal 30 dan 87 menjadi terhubung. 

Cara memasang

 

Cara memasang relay lampu motor pertama-tama yang harus anda lakukan dalah memotong beberapa kabel yang terhubung dengan lampu yaitu kabel HI, LO, dan GND. Selanjutnya siapkanlah 2 buah relay normal. Lalu hubungkan terminal nomor 30 ke positif aki yang mana dapat diambil dari kabel sebelum saklar utama lampu kepala. Untuk mencegah terbakarnya jalur kabel, maka anda harus memberi sekring terlebih dahulu. Selanjutnya hubungkan terminal nomor 87 ke terminal lampu utama dimana relay pertama untuk lampu dekat dan relay kedua untuk lampu jauh. Kemudian hubungkan terminal nomor 85 ke kabel saklar jarak dekat yang menuju lampu dipotong.  Langkah berikutnya dalah hubungkan terminal nomor 86 ke negatif. Pada terminal 86 ini pun anda dapat menghubungkan dengan jalur asli pada lampu atau soket pada lampu bawaan untuk lampu dekat. Pemasangan relay lampu motor pun sudah selesai. Lakukan langkah-langkah tersebut pada relay kedua untuk lampu jarak jauh. Cara memasang relay lampu motor dengan langkah di atas juga berfungsi untuk membuat lampu motor lebih terang. Pada prinsipnya arus utama yang akan masuk ke lampu tidak melewati saklar melainkan pada jumper dari baterai atau aki langsung menuju lampu. Saklar lampu tersebut digunakan untuk mengatifkan elektro magnet yang terdapat pada relay. Oleh sebab itu hambatan rangkaian lampu kepala lebih kecil sehingga lampu akan menjadi lebih  terang.

Jadi itulah cara memasang relay lampu motor. Ikuti instruksi dengan benar dan berhati-hatilah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 
Back To Top