Cara Memasang Relay Klakson yang Benar - FM Hansen

Tips cara memasang relay klakson motor dan mobil yang benar agar hasil memuaskan.

Sunday, January 8, 2017

Cara Pasang Klakson Denso di Motor dengan Tepat untuk Suara yang Lebih Nyaring

Cara Pasang Klakson Denso di Motor - Klakson Denso atau yang sering disebut juga dengan klakson keong merupakan salah satu aksesoris motor yang populer dan digemari bagi pengendara motor. Hal ini disebabkan suara yang dihasilkan dari klakson denso sangat nyaring bahkan terdengar seperti klakson mobil. Nah, bagi anda yang ingin memasang klakson denso pada motor anda, kini anda dapat memasangnya sendiri. Penasaran? Berikut penjelasan mengenai cara pasang klakson denso di motor.

Cara Kerja

 

Klakson denso merupakan jenis klakson electromagnetic coil yaitu jenis klakson konvensional pada umumnya. Secara garis besar klakson electromagnetic coil bekerja dengan memanfaatkan koil dengan inti besi. Jika koil tersebut diberi aliran listrik yaitu pada saat tombol klakson ditekan, maka inti besi akan menjadi magnet. Selanjutnya magnet tadi akan menghisap besi yang terkait dengan diafragma klakson. Jika besi pada diafragma tersebut terhisap, maka contact point yang menghubungkan arus listrik akan terpisah sehingga tidak terdapat arus listrik yang mengalir ke koil. Hal tersebut akan menyebabkan inti besi tidak menjadi magnet. Inti besi pun akan kembali ke posisi awal dimana besi pada diafragma tidak terhisap dan contact point kembali menyatu. 

Persiapan 

 

Sebelum anda memasang klakson denso pada motor anda, tentunya anda harus mempersiapkan peralatannya terlebih dahulu. Pertama-tama siapkanlah klakson denso yang telah anda beli. Anda dapat menemukan klakson denso ini di toko otomotif, bengkel, atau toko aksesoris motor. Anda tidak perlu khawatir karena harga dari klakson denso ini cukup terjangkau. Selanjutnya siapkan juga relay DPDT, sekring atau fuse 10A, kabel panjang secukupnya, socket, dan isolasi. Apabila anda sudah menyiapkan peralatannya, kini anda pun dapat memulai memasang klakson denso pada motor anda.

Cara Pasang Klakson Denso di Motor

 

Cara pasang klakson denso di motor pertama-tama adalah menghubungkan tiap terminal atau kaki yang ada pada relay. Di setiap kaki relay tersebut terdapat kode-kode nomor, yaitu nomor 30, 86, 87, dan 85. Setelah anda sudah paham dengan nomor terminal yang ada pada relay, kini anda pun dapat menghubungkannya. Langkah pertama adalah hubungkan terminal 30 pada positif baterai atau aki dengan menggunakan kabel. Selain menggunakan kabel, anda dapat pula menghubungkannya dengan sekring. Selanjutnya hubungkan terminal 86 dan 85 pada saklar klakson denso anda. Sampai pada tahap ini anda dapat memastikan apakah pemasangan relay tersebut sudah terpasang dengan baik atau belum. Caranya adalah dengan menekan tombol saklar yang telah anda pasang tadi. Apaila pada saat anda menekan saklar terdengar suara berdetak, maka itu tandanya pemasangan relay sudah tepat. Langkah berikutnya adalah hubungkan terminal 87 ke salah satu kaki pada klakson denso anda. Hubungkanlah bagian positif pada relay ke kutub positif pada klakson. Sedangkan untuk bagian kaki klakson yang lainnya bisa dihubungkan dengan rangka motor/massa. Memasang klakson denso motor pun telah selesai dilakukan. Selanjutnya anda dapat mengetes apakah klakson denso tersebut dapat bekerja atau tidak. Jika klakson denso anda tidak bekerja atau berbunyi, maka anda harus memeriksa rangkaiannya kembali lagi karena bisa saja terjadi kesalahan dalam rangkaian tersebut.  

Tips

 

Gunakanlah kabel yang tebal pada saat anda menghubungkan terminal relay anda. Kabel yang tebal akan menghasilkan kinerja listrik yang optimal. Selain itu perlu anda ketahui, janganlah membunyikan klakson denso anda ketika mesin motor anda dalam keadaan mati. Hal ini ditujukkan untuk menjaga arus listrik pada aki motor anda. 

Jadi, itulah cara pasang klakson denso di motor dengan tepat. Dijamin dengan klakson denso, suara klakson motor anda akan lebih nyaring. Selamat mencoba!

 
Back To Top