Cara Memasang Relay Klakson yang Benar - FM Hansen

Tips cara memasang relay klakson motor dan mobil yang benar agar hasil memuaskan.

Friday, January 27, 2017

4 Cara Memasang Relay Klakson dengan Benar

Cara memasang relay klakson dengan benar – Pecinta dunia otomotif kadang tidak puas dengan suara klakson yang sudah menjadi bawaan pabrik. Alasannya adalah banyak yang menganggap jika suara klakson bawaan tersebut kurang keras. Di toko aksesoris khusus otomotif, banyak sekali menjual klakson yang suaranya sangat bagus. Meski begitu klakson itu harus menggunakan daya yang besar sehingga kabel yang ada pada mobil atau motor bawaan tidak bisa mencukupi kebutuhan daya tersebut. Jika dipaksakan, klakson akan memercikkan api ketika di tekan dan saklar nya menjadi lebih mudah rusak saat ditekan. Agar masalah tersebut tidak berlarut-larut, Anda membutuhkan komponen tambahan sebagai pembantu pemasangan klakson. Komponen itu disebut dengan relay.  Agar tidak salah dalam memasang relay klakson, simak cara memasang relay klakson dengan benar berikut ini :


Siapkan Bahan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Tanpa ada bahan yang lengkap, Anda tidak bisa memasang relay dengan benar. Bahan-bahan yang harus Anda siapkan adalah satu buah relay dengan ACC, terminal ring dengan tebal 10 mm sebanyak 1 buah, serata socket sebanyak 4 buah dan juga kabel. Usahakan dalam memilih kabel jangan yang tebal dan besar namun  memilih kabel sesuai standar khusus untuk motor atau mobil. Setelah itu Anda membutuhkan  sekring 10 A disertai dengan tempat sekring nya.

Perhatikan Kaki Relay


Cara memasang relay klakson dengan benar yang pertama adalah dengan memperhatikan kaki-kaki relay tersebut. Yang harus diperhatikan adalah Anda harus tahu mana kaki yang terhubung dan mana kaki yang tidak terhubung.  Di kaki relay jika diperhatikan Anda akan menemukan kode. Setelah memeperhatikan kaki relay, terminal kaki relay dengan nomor 30 bisa disambungkan dengan sekring kemudian dari sekring bisa langsung dihubungkan dengan bagian kaki. Untuk pemasangan kaki relay dengan nomor 85 dan juga nomor 86, Anda bisa melakukan bebas pemasangan. Bahkan dalam kondisi terbalik pun tidak masalah khusus relay dengan nomor ini.

Pemasangan Relay Nomor 87


Tahap selanjutnya adalah melakukan pemasangan pada relay dengan nomor kaki 87. Di bagian terminal kaki relay 87 bisa langsung dihubungkan dengan bagian kaki klakson. Jika Anda menemukan tanda positif, Anda bisa langsung menghubungkannya ke bagian tanda positif tersebut. Tanda positif ini ada bagian kaki klakson. Sedangkan untuk bagian kaki klakson yang satunya, Anda bisa menghubungkannya ke bagian badan motor Anda. Setelah Anda melakukan tahap ini pastikan setiap kabel sudah terhubung dengan benar agar klakson mampu berfungsi sebagai mestinya.

Uji Coba


Tahapan terakhir dalam pemasangan relay klakson adalah dengan melakukan uji coba. Uji coba ini dilakukan untuk mengetes apakah langkah-langkah yang dilakukan sudah benar. Cara uji coba nya adalah dengan menekan saklar klakson. Jika Anda berhasil dalam memasang relay klakson, saat memencetnya Anda akan merasakan seperti ada hentakan. Selain ada hentakan, tanda jika pemasangan berhasil adalah klakson mampu mengeluarkan bunyi dengan nyaring. Tips bagi Anda yang ingin uji coba relay klakson ini sebaiknya di lakukan di jalan raya, jangan di lakukan di gang yang padat penduduk. Sebab suara klakson tersebut akan mengganggu ketenangan penduduk sekitar.

Demikianlah cara memasang relay klakson pada kendaraan Anda. Jika Anda belum berhasil memasangnya misalnya klakson tidak mau berbunyi dan tidak ada hentakan, Anda bisa mencermati kembali langkah-langkah di atas. Bisa jadi ada langkah pemasangan yang salah. Dengan cara memasang relay klakson dengan benar yang telah disebutkan di atas, kini Anda sudah bisa memiliki klakson dengan suara yang lebih nyaring dibandingkan dengan klakson kendaraan pada umumnya.

 
Back To Top