Cara Memasang Relay Klakson yang Benar - FM Hansen

Tips cara memasang relay klakson motor dan mobil yang benar agar hasil memuaskan.

Sunday, January 8, 2017

Harga Relay Klakson serta Fungsi, Cara Kerja, dan Jenis-jenisnya.

Harga Relay Klakson - Bagi anda penyuka otomotif, tentunya klakson merupakan salah satu bagian kendaraan yang tidak lepas dari perhatian. Dengan menggunakan relay pada klakson, maka bunyi klakson kendaraan anda pun jadi lebih nyaring dari sebelumnya. Di samping itu penggunaan relay pada klakson ternyata jauh lebih menguntungkan ketimbang klakson tanpa relay. Bagi anda yang ingin memasang relay klakson, berikut informasi seputar fungsi, cara kerja, jenis, dan harga relay klakson.

Pengertian relay 

Relay adalah saklar atau switch yang dioperasikan secara listrik. Relay merupakan suatu komponen listrik yang bekerja berdasarkan prinsip induksi medan elektromagnetik sehingga disebut juga sebagai kompoen electromechanical. Terdapat 2 bagian utama pada relay yaitu coil atau electromagnet dan kontak saklar atau mekanikal. Dikarenakan komponen relay menggunakan prinsip elektromagnetik sebagai penggerak kontak saklar, maka dengan menggunakan arus listrik yang kecil relay tersebut dapat menghantarkan arus listrik yang memiliki tegangan lebih tinggi. 

Fungsi relay pada klakson

 

Relay pada klakson memiliki fungsi utama untuk menjaga arus listrik yang mengalir ke klakson agar tetap stabil dan tidak cepat merusak saklar klakson tersebut. Jadi dalam hal ini relay dapat membuat bunyi klakson tetap nyaring namun arus listrik yang mengalir pun tetap stabil. Di samping itu fungsi relay pada klakson lainnya adalah agar horn pad atau switch klakson tetap awet dimana horn pad atau switch tersebut dilewati arus lisrik yang kecil untuk menggerakkan kontak relay.

Cara kerja relay klakson

 

Terdapat 4 komponen utama pada relay yaitu electromagnet (coil), armature, switch contact point (saklar), dan spring. Pada relay terdapat sebuah besi (iron core) yang dililiti oleh kumparan coil. Jika kumparan koil dialiri arus listrik maka akan muncul gaya elektromagnetik yang dapat menarik armature. Armature tersebut pun akan berpindah dari posisi tertutup /normally close (NC) ke posisi terbuka/normally open (NO). Dalam posisi NO maka saklar dapat menghantarkan arus listrik. Pada saat dialiri arus listrik maka armature akan kembali ke posisi NC. Sedangkan coil untuk menarik contact point ke posisi close hanya membutuhkan arus listrik yang relatif kecil.

Jenis-jenis relay klakson

 

Terdapat bebrapa jenis relay pada klakson berdasarkan jumlah pole dan throw, yaitu:

  • Relay single pole single throw (SPST): memiliki 4 terminal yang mana 2 terminal untuk saklar dan 2 terminal lainnya untuk coil.
  • Relay single pole double throw (SPDT): memiliki 5 terminal yang mana 3 terminal untuk saklar dan 2 terminal lainnya untuk coil.
  •  Relay double pole single throw (DPST): memiliki 6 terminal yang mana 4 terminal terdiri dari 2 pasang terminal saklar, sedangkan 2 terminal lainnya untuk coil.
  • Relay double pole double throw (DPDT): memiliki 8 terminal dimana 6 terminal merupakan 2 pasang relay SPDT yang dikendalikan oleh single (1) coil, sedangkan 2 terminal lainnya untuk coil.
 

Harga relay klakson

 

Harga relay klakson pada umumnya relatif terjangkau dan tidak akan menguras isi kantong anda. Merek relay klakson yang banyak beredar di pasaran yaitu Bosch. Harga relay klakson 4 kaki 12V/30A merek Bosch ini adalah sekitar Rp 20.000,- sampai Rp 25.000,-. Selain merek Bosch terdapat pula merek lainnya yang banyak beredar di pasaran yaitu Hella. Harga relay 4 kaki 12V/30A merek Hella ini adalah sekitar Rp 20.000,- sampai Rp 30.000,-. Relay klakson tersebut juga sangat mudah didapatkan. Anda dapat membelinya di toko otomotif, bengkel, atau toko aksesoris kendaraan.

Nah, itulah harga relay klakson beserta dengan fungsi, cara kerja, dan jenisnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda.

 
Back To Top